Akademia Makassar, Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui bidang Kemahasiswaan dan Alumni telah menyelenggarakan pembukaan Basic Learning Skills Character and Creativity (BALANCE) 202, secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan terhubung secara langsung pada kanal youtobe Kemahasiswaan Unhas, Sabtu (21/08).

BALANCE 2021 diikuti sebanyak 6.994 mahasiswa baru 2021 dan merupakan bagian dalam proses Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB),

Mengawali kegiatan, Ketua Tim Pokja BALANCE Ira Taskirawati, S.Hut., M.Si., Ph.D., menjelaskan BALANCE ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa baru untuk mengenal kehidupan kampus. Kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru, sehingga mahasiswa angkatan sebelumnya yang belum ikut juga terlibat.

Di sisi lain, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., menyampaikan BALANCE dilaksanalan sebagai wadah para mahasiswa baru dalam menguasai keterampilan belajar, mengenal dan membantu proses transisi dari siswa menjadi mahasiswa.

Selain itu, juga bertujuan memperkenalkan serta memberikam pengetahuan terhadap karakter maritim Unhas.

“BALANCE 2021 melibatkan 135 dosen sebagai instruktur, dibantu 135 mahasiswa sebagai mentor. Dari 6.994 mahasiswa baru yang ikut, 278 diantaranya mahasiswa yang mengulang. Selama proses berlangsung, akan ada enam materi yang diberikan setiap Sabtu, hingga 25 November mendatang,” jelas Prof. Arsunan.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, Prof. Dwia mengatakan agar para mahasiswa baru dapat memanfaatkan BALANCE sebagai media peningkatan kreativitas, kepekaaan, serta mengenal dan memperkuat nilai-nilai ke-Unhas-an.

Prof Dwia juga menambahkan, menjadi seorang mahasiswa dituntut memiliki beberapa sikap baru, utamanya pada proses pembelajaran. Harapannya, mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu.

“Disinilah kalian akan diberikan banyak bekal bagaimana berpikir kreatif, memecahkan masalah dan hal lainnya yang diperlukan untuk membantu proses transisi dari siswa menjadi mahasiswa. Para instruktur adalah dosen-dosen Unhas yang tentunya memiliki banyak pengalaman. Saya berharap, kegiatan dapat diikuti secara baik dan serius,” terangnya.

(ebsfmunhas/Ifa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *