Akademia Makassar, Sebagai negara yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan potensi energi yang cukup besar, Indonesia menjadi negara yang potensial untuk menjadi pusat pengelolaan sumberdaya energi bumi. Salah satu pulau terbesar di Indonesia yakni Pulau Sulawesi. Pulau Sulawesi memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai objek penelitian Geologi, lantaran memiliki berbagai potensi energi dan sumberdaya alam yang melimpah. Potensi-potensi ini, juga digadang-gadang akan menjadi salah satu sektor yang dapat mewujudkan program Pemerintah Republik Indonesia, yakni Indonesia Emas 2045 yang juga mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs).

Berangkat dari hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin (HMG-FT-UH) menyelenggarakan Celebes Geo Summit 2021 (CGS 2021) yang pada Minggu, (26/9) melaksanakan acara penutupan (Celebes Night), selepas rangkaian kegiatan CGS 2021 yang mengusung tema “Geo Enviroment For Natural Resource Management Toward Golden Indonesia” yang diselenggarakan di Phinisi Ballroom, Claro Makassar Hotel Serta melalui platform daring, Zoom meeting. Dihadiri oleh tamu Undangan, serta warga dan Alumni HMG-FT-UH.

Kegiatan CGS 2021 ini sendiri, terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang berlangsung selama lima hari mulai dari hari kamis hingga Minggu (22-26/9). Pada hari pertama, yakni opening ceremony, Talkshow and Webinar pada hari kedua, yakni Competition Day (Paper Competition, Video Competition, Geology Smart Student Competition), dihari ketiga, yakni kegiatan Desa Binaan, hari keempat Geoturism, dan terakhir, penutupan dan pengumuman pemenang (Celebes Night). Setiap kategori yang diperlombakan dalam kegiatan ini, diikuti oleh Geo Sains Se-Indonesia, dimana pada terdapat tiga kategori lomba yangpemenangnya telah diumumkan pula lewat sosial media Instagram CGS 2021.

Darmawan, selaku ketua Panitia menyatakan bahwasanya kegiatan ini memberikan hal yang baik karena bisa menjadi ajang silaturahmi antar sesama Geo Saintis se-Indonesia dan meningkatkan kemampuan Geo Saintis se-Indonesia.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, Masyarakat umum dapat menyadari akan pentingnya pengembangan dan penerapan ilmu Geologi khususnya pada wilayah yang kaya akan sumberdaya enrgi dan alamnya, guna mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045 dengan tekad dan keyakinan yang kuat.

(ebsfmunhas/Fur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *