Akademia Makassar, Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMTK FT-UH) melalui divisi pengabdian masyarakat berhasil menyelenggarakan Clean Up Our Ocean and Save Environmental (COASTAL) 2021 di Pesisir Pokko, Kabupaten Takalar, Senin (25/01).

COASTAL 2021 yang mengambil tema “Saving the Future With Mangrove Plants in Pokko Area” ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan, yakni sosialisasi tentang mitigasi bencana, penanaman bibit mangrove, ABRASI atau Aksi Bersih Daerah Pesisir, pemasangan masterplan, dan cipta karya.

Ketua panitia COASTAL 2021, Raihan Firdaus Sutopo mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian Mahasiswa dan Civitas akademik Teknik Kelautan Fakultas Teknik Unhas terhadap masyarakat.

“Agar nantinya terjalin silaturahmi dan pengembangan pengetahuan kepada masyarakat serta mendapatkan pengalaman bagi mahasiswa dalam lingkup pengabdiannya kepada masyarakat,” Ujar Raihan.

Lebih lanjut, mahasiswa Angkatan 2019 tersebut berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat sekitar Pesisir Pokko Kabupaten Takalar mampu memahami pentingnya mitigasi bencana.

“Karena kita tahu secara geografis Indonesia terletak pada rangkaian cincin api yang membentang sepanjang lempeng pasifik yang merupakan lempeng tektonik paling aktif di dunia. Zona ini memberikan kontribusi sebesar hampir 90% dari kejadian gempa besar di dunia. Hal ini menunjukkan dibutuhkan adanya rencana mitigasi bencana bagi warga pesisir sehingga bisa meminimalisir kerugian yang bisa saja terjadi,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *