Akademia Makassar, DPR RI dan Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Ibu Kota melaksanakan konsultasi publik dalam rangka persiapan RUU tentang Ibu Kota Negara pada Rabu, (12/1). Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di ruang rapat senat akademik Universitas Hasanuddin dan disiarkan secara langsung di kanal youtube Universitas Hasanuddin.

Dalam konsultasi publik tersebut terdapat beberapa pandangan mengenai persiapan Ibu Kota baru Indonesia di Kalimantan Timur. Salah satunya terkait bagaimana kondisi kemanan Ibu Kota negara dari ancaman luar.

Aspek yang tidak luput dalam pembahasan kegiatan ini adalah mengenai persoalan lingkungan dan permasalahan sosial yang bakal muncul melalui pembangunan ibu kota ini.

“RUU ini masih dalam perumusan terutama hal-hal yang berkaitan dengan hak-hak pesisir dan lingkungan mengingat, konsep ibu kota yang ingin dibangun adalah smart city”, kata Drs. Hamka Baco Kady, M.S.

Terakhir beliau juga menyampaikan bahwa pemindahan ibu kota tidak dilakukan serta-merta dan akan memperhatikan masukan yang telah disampaikan dalam kegiatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *