Akademia Makassar, bencana alam merupakan suatu fenomena alam yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung dan dapat mengganggu kehidupan manusia. Dalam hal ini, bencana alam dapat menyebabkan kerugian bagi manusia baik secara materi, non materi bahkan jiwa. Oleh karena itu, Siaga Ners Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Unhas (HIMIKA F.Kep-UH) mengadakan Latihan Gabungan (Latgab) 2021 sebagai wadah Anggota Siaga Ners Himika F.Kep-UH untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam melakukan penanggulangan penderita saat terjadi bencana.

Tidak hanya itu, Latihan Gabungan ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesiapsiagaan dan kewaspadaan anggota siaga ners dalam menangani bencana. Dengan adanya latihan ini diharapkan dapat memperkuat mental dan fisik serta keterampilan jika sewaktu-waktu berhadapan dengan bencana. Mengusung tema “Increasing the Role of the Health Team in an Effort to Realize Helpers who are Ready and Standby in Environmental Disaster Management” ini dilaksanakan pada hari Jumat sampai Minggu (9-11/April) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, dan secara luring di Ruang Senat dan Pelataran Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin.

Kegiatan ini tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19, yakni screening awal dengan mengukur suhu dan melihat kondisi umum panitia dan peserta, menyediakan dan mengarahkan seluruh peserta dan panitia untuk mencuci tangan saat pertama kali datang, mewajibkan seluruh peserta menggunakan masker, membawa hand sanitizer, dan menjaga jarak minimal 1 meter, mewajibkan untuk membawa tumblr masing-masing, serta meminimalkan kontak dengan sesama peserta.

Panitia berharap, setelah Latihan Gabungan ini selesai diadakan, peserta mendapatkan manfaat yaitu melatih kesiapsiagaan anggota Siaga Ners Himika F.Kep-UH dalam menghadapi bencana serta dapat mengetahui dan mampu mengaplikasikan penanganan pertama korban gawat darurat dengan cepat dan tepat.

(ebsfmunhas/fur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *