Akademia Makassar, dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional Mahasiswa Faperta (Fakultas Pertanian) Unhas menggelar aksi demo dengan tema “Wujudkan Reformasi Agraria Sejati” di depan pintu I Unhas pada sabtu, (24/9).

Aksi demo ini merupakan bentuk unjuk rasa mahasiswa terhadap kondisi reforma agrarian di Indonesia saat ini yang dinilia problematik. Maka dari itu mahasiswa menyampaikan tuntutannya yaitu mewujudkan reformasi agraria, untuk menghentikan perampasan ruang hidup, serta mencabut UU cipta kerja, atasi krisis iklim, dan tolak kenaikan BBM.

Dalam aksi demo ini juga mahasiswa menyampaikan puisi yang menyinggung soal problematika agrarian di Indonesia. Selain itu, kenaikan BBM yang sebelumnya juga sempat memicu aksi demo, diangkat kembali sebab dinilai menyengsarakan rakyat kecil terkhusus para petani.

Salah satu massa aksi yaitu Yuli dalam wawancara bersama EBS FM Unhas, mengatakan alasannya ikut dalam aksi demo kali ini adalah sebagai bentuk peran aktif perempuan “reforma agraria yang digongonkan dari zaman orde baru hingga saat ini belum bisa menjawab permasalahan-permasalahan pertanian yang ada di Indonesia” ujarnya.

Yuli berharap agar teman teman mahasiswa senantiasa menjaga semangatnya dalam mengawal isu isu permasalahan rakyat dan memperjuangkan hak hak rakyat yang patut diperjuangkan.