Akademia makassar, mahasiswa KKN tematik Covid-19 menghadirkan inovasi Disepenser Handsanityzer Otomatis sebagai upaya mendukung pemutusan mata rantai Covid-19.

Inovasi ini merupakan karya dari Rahmat Nurul Hidayat J, mahasiswa KKN Fakultas Hukum yang melakukan pengabdian diwilayah Gowa 5, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa.

Rahmat menuturkan bahwa masyarakat ditengah pandemi selalu menekan gagang atau tombol handsanityzer untuk mengeluarkan cairan antiseptik. Hal tersebut menurut Rahmat perlu diwaspdai dan memiliki potensi besar dalam penularan Covid-19.

Dalam membuat inovasi ini, Rahmat menggunakan alat dan bahan berupa arduino nano V3, motor servo, sensor infrared/Ultrasonic, kabel dupon, timah solder, lem lilin, kabel, batok cas dan coding arduino dengan waktu pengerjaannya kurang lebih 60 menit untuk menghasilkan satu alat handsanityzer otomatis.

Dengan hadirnya alat ini, Rahmat berharap dapat mengurangi resiko penularan Covid-19 dan memberikan kemudahan dalam penggunaannya tanpa perlu menekan dan mencari tombol untuk mengeluarkan cairan antiseptik tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *