Akademia Makassar, Squad Of Disaster And Emergency Assistance Ners Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (SIAGA NERS HIMIKA F.KEP UH) telah melaksanakan pembukaan kegiatan Medical First Responder (MFR), secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis (24/6).

Medical First Responder (MFR) merupakan sebuah program pelatihan kegawatdaruratan untuk Anggota muda dengan maksud untuk memberi nilai lebih pada diri seorang calon paramedis, baik dalam pengetahuan maupun keterampilan. Adapun tujuan dari kegiatan MFR ini yaitu memberi pengetahuan dan pelatihan kepada anggota muda siaga ners tanpa alat maupun dengan alat medis agar dapat berperan dalam melaksanakan misi kemanusiaan pada kondisi kondisi gawat darurat.

Dengan mengambil tema Meningkatkan Pengetahuan dan Skill serta aktif Dalam Merespon Kegawatdaruratan, panitia berharap MFR dapat melatih kesiapsiagaan anggota muda 015 Siaga Ners dalam pemberian pertolongan pertama pada kondisi-kondisi gawat darurat sebelum mendapat pertolongan dari paramedis.

Kegiatan MFR ini akan berlangsung sampai 27 Juni dengan bentuk kepanitiaan selama 3 hari. Hari pertama yaitu pembukaan. Hari kedua yaitu pemberian materi yang dibawakan oleh PSC maupun kakak-kakak purna Siaga Ners tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD), Management Disaster and Emergency, Mengenal Kegawatan dengan Ancaman Kematian, Initial Assassement, Syok dan Resusitasi Cairan, serta Komunikasi Gawat Darurat. Untuk hari ketiga, akan dilaksanakan pelatihan skill yang didampingi oleh anggota biasa Siaga Ners dan purna Siaga Ners.

(ebsfmunhas/Ifa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *