Editor Hervin Al Jumari

Makassar, EBS FM – Tim Corrosion Heroes09 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Skim PKM-RE Universitas Hasanuddin (Unhas) ciptakan inovasi inhibitor ramah lingkungan melalui riset yang dilakukan dengan memanfaatkan ekstrak rumput bambu (Lophatherum gracile B). Inhibitor tersebut berguna untuk mencegah dan menghambat laju korosi pada baja tulangan.

Diketuai oleh Muhammad Imran Haris (Teknik Sipil 2022), tim ini beranggotakan Muhammad Anjas (Teknik Sipil 2021), Agung (Teknik Sipil 2022), Nurul Qadry HS (Biologi 2021) dan Geraldy Juniarto Billy Houston (Teknik Sipil 2021) serta didampingi oleh dosen pendamping Dr. Eng. Fakhruddin, ST. M. Eng. Imran menyebutkan, Inhibitor ini terbuat dari bahan dasar rumput bambu (Lophatherum gracile B) yang memiliki berbagai kandungan untuk mencegah dan menghambat korosi pada baja.

“Kami menggunakan ekstrak rumput bambu, karena rumput bambu sendiri masih jarang dimanfaatkan dan dianggap gulma untuk pertanian. Serta rumput bambu memiliki kandungan seperti flavonoid, alkaloid dan tanin yang dapat mencegah dan menghambat korosi,” sebut Imran.

Riset ini dilakukan selama +- 4 bulan, dimulai dari bulan April hingga Agustus 2024 mendatang.

“Harapannya, agar tim Corrosion Heroes09 bisa lolos PIMNAS 37 yang akan diadakan di Universitas Airlangga pada Oktober mendatang,” Jelas Dr. Eng. Fakhruddin, ST. M. Eng, selaku Dosen Pendamping dari Tim Corrosion Heroes09.