Akademia Makassar, Pembangunan nasional melalui sektor kemaritiman merupakan salah satu potensi bagi kemajuan peradaban serta perwujudan eksistensi Indonesia sebagai negara maritim terbesar didunia. Namun pada kenyataannya, bisa dikatakan bahwa harapan tersebut sampai sekarang ini masih jauh dari kata terwujud.

Oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin menyelenggarakan OCEANIA 2021 (Ocean Innovation 2021) bertemakan “Menuju Era Emas Maritim Indonesia”. Kegiatan Ini berlangsung secara online melalui Zoom meeting dan Livestreaming di YouTube HMTK FT-UH, Selama Seminggu (17-24/4).

Tujuan kegiatan OCEANIA 2021 untuk memenuhi tri dharma perguruan tinggi poin kedua yaitu penelitian dan pengembangan, dengan mewadahi mahasiswa sebagai bentuk partisipasi Mahasiswa dan Civitas Akademik terhadap pembangunan dan pengembangan yang inovatif dan kreatif dalam rangka pemulihan sektor maritim yang sedang melemah akibat pandemi Covid-19.

Pertama dilaksanakan OCEANIA tepatnya 2019 diselenggarakan secara offine sedangkan saat ini dilaksanakan secara Online. Hal unik dari penyelenggaraan OCEANIA 2019 kemarin hanya menampilkan perlombaan perlombaan saja, sedangkan di OCEANIA 2021 ini tidak hanya menampilkan perlombaan perlombaan saja tetapi juga untuk pertama kalinya diperlihatkan Launching MARS HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK KELAUTAN ke media massa dan publik.

Di OCEANIA 2021 terdapat dua cabang perlombaan dan webinar nasional. Pertama yaitu lomba Ocean Port Design Inovation dengan jumlah peserta yang mendaftar 6 Instansi/Universitas. terdiri dari ITB, Universitas Teknologi Kalimantan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Dan tentunya dari Unhas sendiri. Sedangkan dari Ocean Podcast Inovation, Perseta yang mendaftar 9 peserta dari beberapa instansi atau universitas terdiri dari Universitas Negri Malang, ITB, Universitas Udayana dan Unhas.

(ebsfmunhas/Fur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *