Akademia Makassar,
Badan Khusus Lingkar Studi Islam Ners Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawan ( BK Lisan Himika) Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin menyelenggarakan webinar kesehatan dengan tema “The Miracle of Pray: Meneliti Dahsyatnya Ibadah dalam Perspektif Kesehatan.” Kegiatan ini berlangsung via Zoom Meeting, Sabtu (1/5).

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswan, Alumni dan Kemitraan F.kep-UH, Syahrul, S.kep., Ns., M.Kes., Ph.D. Dalam sambutannya, Syahrul menuturkan ucapan terima kasih kepada BK Lisan Himika F.Kep-UH karena telah mengadakan webinar kesehatan ini dalam perspektif Islam.

“Harapannya melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat memperoleh ilmu atau insight yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,”jelas Syahrul.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Prof. dr. H. Veni Hadju, M.Sc.,Ph.D dan Dr. Takdir Tahir S.Kep., Ns., M.Kes.

Prof. Veni Hadju menjelaskan mengenai pengaruh puasa bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Seorang ahli bedah saluran cerna menemukan bahwa sering berpuasa akan memberikan usus yang terbaik. Penelitian lain juga disampaikan oleh Andrea Wider Ilmuwan Amerika, Ahli Gizi yang masuk Islam setelah meneliti manfaat puasa sebulan Ramadhan, dimana terjadi perbaikan sel dan kekebalan tubuh meningkat 10 kali lipat.

“Selain Puasa, gerakan sholat juga menjadi salah satu jurus andalan untuk menjaga kesehatan tubuh. Di era pandemi ini imunitas tubuh sangat perlu dijaga dengan baik untuk melindungi diri dan orang-orang sekitar,”ujar Prof. Veni Hadju

Disisi lain, Takdir Tahir memberi tips-tips lifestyle sehat ala Rasulullah yaitu mengkonsumsi makanan halal dan meninggalkan yang subhat, rutin berolahraga dan puasa serta Memperhatikan adab-adab makan dan minum.

Webinar kesehatan ini merupakan acara puncak dari kegiatan BK Lisan Himika F.Kep-UH dan diikuti dengan rangkaian dari berbagai kegiatan, yaitu one minute booster, bagi-bagi takjil buka puasa.

(ebsfmunhas/Ummu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *