Akademia Makassar, Indonesia saat ini menempati posisi ke dua sebagai penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Selain itu, berdasarkan data yang ada pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pandemi dan work from home membuat sampah rumah tangga meningkat drastis, belum lagi gaya hidup new normal membuat orang hidup serba higienis dan meningkatkan penggunaan plastik.

Melihat kondisi tersebut, AIESEC in Universitas Hasanuddin sebagai organisasi yang berfokus pada pengembangan diri dan kepemimpinan anak muda, menyelenggarakan Park Clean Up Day yang merupakan rangkaian dari proyek sosial Environesia 11.0, Jumat (5/2).

Dalam kegiatan ini, AISEC in Universitas Hasanuddin yang bekerja sama dengan Mall Sampah dan Formasita, membersihkan Taman Maccini Sombala yang menurut banyak orang sudah tidak terawat lagi, serta mengangkut dan memisahkan sampah yang masih bisa di daur ulang dan tidak bisa di daur ulang.

Welti Ayu Oktafia selaku ketua panitia, mengatakan bahwa dalam kegiatan Park Clean Up Day, panitia tetap melaksanakan protokol kesehatan.
“Jadi Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Maccini Sombala Makassar dan tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Dari jam 16.00-18.00 kita akan melakukan pemungutan sampah di area taman yang nantinya akan dikumpul berdasarkan jenisnya yakni plastik, kertas, besi dan lainnya. Sampahnya nanti akan diangkut oleh pihak mall sampah dan akan dikelolah oleh mereka.

Lebih lanjut, ia berharap kegian Park Clean Up Day dapat menjadika Taman Maccini Sombala sebagai contoh taman yang bersih.
“Kalau dari saya harapannya kegiatannya bisa berjalan lancar dan hasilnya nanti bisa berlanjut, jadi orang orang yang datang ke taman akan melihat contoh taman dalam keadaan bersih yang kita berikan, nantinya akan sadar kalau kebersihan taman itu harus dijaga dan tidak membuang sampah sembarangan lagi. Agar Taman Maccini Sombala juga bisa lebih ternotice sama warga makassar”

Selain Park Clean Up Day, beberapa rangkaian acara pada proyek sosial Environesia 11.0 yakni Observation, Campaign, Eduvironment, dan Refresh the coastal yang akan berlangsung mulai dari 31 Januari sampai dengan 13 Januari 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *