sumber:kampusmerdeka.ri

Editor Hervin Al Jumari

Makassar, EBS FM—Pendaftaran program Kampus Merdeka yakni MSIB batch 7 kembali dibuka. Pendaftaran ini dimulai 26 april hingga 10 juni 2024 mendatang. Berikut beberapa dokumen yang menjadi syarat pendaftaran MSIB tahun ini.

  1. Curriculum Vitae tidak ada template baku untuk dokumen ini, tetapi dimohon menggunakan format file pdf. Mahasiswa dapat membuatnya dengan kreativitas masing-masing.
  2. Transkrip nilai, transkrip nilai terbaru. Jika transkrip terbaru belum tersedia, silakan gunakan transkrip terakhir lalu perbarui dokumen melalui menu “Lengkapi Dokumen” di akun Mahasiswa ketika transkrip baru sudah ada.
  3. Surat Rekomendasi Universitas Surat Rekomendasi yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)
  4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM). SPTJM Mahasiswa yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)
  5. Foto / Scan KTP Pastikan hasil scan jelas dan tidak buram.
  6. Sertifikat pengalaman organisasi (opsional). Jika ingin melampirkan beberapa sertifikat, silakan menggabungkannya menjadi satu file .PDF dengan ukuran maksimal 5MB.

Selain itu, persyaratan lainnya yang perlu diikuti yakni:

  1. Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya
  2. Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia (catatan: kampus berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi).
  3. Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 atau belum yudisium serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu MSIB berlangsung dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat mendaftar MSIB: untuk mahasiswa D2/D3/D4 minimal semester 2, sementara untuk mahasiswa S1 minimal semester 4
  4. Data mahasiswa terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.
  5. Mahasiswa dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah terverifikasi di akun Kampus Merdeka.

Adapun ketentuan lainnya yaitu:

  1. Mahasiswa diharapkan menjalani satu program secara penuh waktu (fulltime) serta berkomitmen untuk melaksanakan dan menyelesaikan program MSIB hingga selesai.
  2. Siap melakukan perjalanan lintas kabupaten/kota/provinsi jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh mitra serta bersedia melakukan vaksinasi booster untuk keperluan mobilisaai.
  3. Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/KIP (Kartu Indonesia Pintar)/beasiswa lainnya dari Kemendikbud Ristek dapat mengikuti program magang dengan ketentuan besaran bantuan biaya hidup yang diterima merupakan selisih dari bantuan biaya hidup yang diterima dari beasiswa kemdibud Ristek.
  4. Menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.

Demikian informasinya, segera lengkapi persyaratan di atas dan daftarkan diri Anda melalui laman pendaftaran di Kemendikbud Ristek.

Gita Lestari