Akademia Makassar, Mengawali tahun 2021, Nutrifood Research Center membuka sebuah program pelatihan dan pendanaan penelitian, yaitu Nutrifood Research Center Fellowship 2021. Nutrifood Research Center (NRC) Fellowship merupakan program pelatihan dan bimbingan kepada mahasiswa S1 dan S2 untuk membekali mereka dengan kemampuan perencanaan dan eksekusi riset yang berkualitas, sehingga dapat bersaing secara global. Sejumlah peserta terpilih akan mendapatkan dana untuk merealisasikan proposal penelitian yang diajukan.

TUJUAN PROGRAM:

1. Mempersiapkan calon peneliti muda supaya mempunyai kapabilitas yang mumpuni sehingga mampu bersaing secara global.
2. Mendukung dan meningkatkan kuantitas serta kualitas penelitian terkait inovasi produk pangan yang mampu membatasi asupan gula, garam dan lemak.
Membangun relasi dan hubungan kerja sama antara akademisi dan industri.
3. Berpartisipasi dalam menurunkan penyakit tidak menular dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

MANFAAT YANG DIDAPATKAN:
1. Para peserta yang lolos tahapan screening awal akan diberikan coaching weeks berupa pelatihan online mengenai sejumlah topik yang telah disiapkan oleh ahli yang relevan.
2. Sejumlah peserta dari tahapan coaching weeks akan dipilih untuk menerima dana penelitian guna merealisasikan ide penelitiannya dan mendapatkan bimbingan selama proses penelitian dilakukan. Pendanaan penelitian dapat diberikan sebesar maksimal Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) per proposal terpilih.

Untuk mengikuti Pelatihan dan Pendanaan Penelitian Program Nutrifood Research Center Fellowship, peserta membuat esai dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Ide penelitian sesuai dengan tema: “Membangun Indonesia yang Lebih Sehat melalui Inovasi Produk Pangan yang Dapat Membatasi Konsumsi Gula, Garam dan Lemak”.
2 . Hasil akhir penelitian dapat berupa produk, jasa atau luaran lainnya.
3. Panjang maksimal 1 halaman termasuk judul (maksimal 20 kata), nama peneliti dan nama dosen pembimbing (tidak ada jumlah maksimal) serta universitas asal.
4. Menggunakan font Times New Roman 12, single spacing, margin 3 cm semua sisi, tanpa spasi antar paragraf.
5. Esai yang didaftarkan berupa ide awal, penelitian yang telah/sedang dijalankan, maupun penelitian yang akan direncanakan namun belum dipublikasikan. Esai tersebut juga wajib memenuhi ketentuan secara legal dan tidak mendapatkan pendanaan dari pihak lain.
6. Aspek yang dinilai:
a. Novelty : kebaruan ide yang diajukan, bukan merupakan topik yang sudah banyak dievaluasi oleh banyak peneliti lain.
b. Kreativitas : usulan yang disampaikan kreatif dan menarik, baik dari segi ide maupun cara/metode yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya.
c. Conciseness : padat data dan informasi, tidak bertele-tele dalam penyampaian usulan penelitian.
d. Kesesuaian dengan tema : ide yang diusulkan relevan dengan tema NRC Fellowship 2021.

TIM PENILAI:
1. Prof. Dr. Antonius Suwanto
2. Prof. Dr. Made Astawan
3. Prof. Dr. Maggy T. Suhartono

PERSYARATAN PELATIHAN DAN PENDANAAN PENELITIAN PROGRAM NRC FELLOWSHIP:
1. Merupakan mahasiswa S1 atau S2 dari perguruan tinggi (atau setara) di Indonesia.
2. Peserta dapat membentuk tim dengan jumlah yang tidak dibatasi dengan didampingi oleh minimal satu dosen pembimbing.
3. Membuat esai sesuai dengan ketentuan yang disebutkan di atas.
4. Penelitian yang didaftarkan untuk NRC Fellowship 2021 boleh dijadikan penelitian untuk skripsi/tesis.

CARA MENDAFTAR PELATIHAN DAN PENDANAAN PENELITIAN PROGRAM NRC FELLOWSHIP:
1. Untuk mendaftar Pelatihan dan Pendanaan Penelitian Program Nutrifood Research Center Fellowship, peserta dapat mengisi form pendaftaran online pada link berikut: https://www.nutrifood.co.id/our-events/nutrifood-research-center-fellowship/pendaftaran/.
2. Masukkan data-data yang diminta termasuk upload esai dalam format PDF.
3. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 28 FEBRUARI 2021.
4. Pengumuman seleksi tahap 1 (esai) akan dilaksanakan paling lambat Maret 2021 melalui website Nutrifood. Para peserta akan mengikuti coaching weeks berupa pelatihan online dari para narasumber yang ahli di bidangnya dan meliputi berbagai topik terkait pengetahuan dan tips praktis untuk meningkatkan kapabilitas para peserta dalam melakukan penelitian.
5. Selanjutnya peserta yang lolos seleksi tahap 1 akan mengikuti seleksi tahap 2 (pra-proposal), dimana setiap pra-proposal penelitian yang masuk akan melalui proses review, evaluasi dan penilaian.
6. Seleksi tahap 3 berupa wawancara online dengan panitia NRC Fellowship untuk mempresentasikan secara garis besar isi pra-proposal, beserta sesi tanya jawab mengenai topik pra-proposal (detail ketentuan akan diinformasikan lebih lanjut).
7. Para peserta yang maju ke tahapan selanjutnya (tahap 4) akan diminta menyerahkan proposal lengkap dalam bentuk hardcopy sesuai dengan format dan ketentuan. Peserta/perwakilan tim yang terpilih akan melakukan presentasi lebih lanjut secara online.
8. Peserta yang dinyatakan mendapatkan dana dari NRC Fellowship, bisa segera melakukan penelitian dan wajib diselesaikan paling lambat 30 November 2022.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Pelatihan dan Pendanaan Penelitian Program NRC Fellowship, dapat menghubungi kontak berikut:
Kontak: 0896-8524-6598
Sumber Informasi Resmi: https://www.nutrifood.co.id/our-events/nutrifood-research-center-fellowship/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *