Akademia Makassar, Sub-sektor arsitektur memiliki peran penting sebagai tempat memadai aktivitas industri kreatif dan sebagai infrastruktur untuk membangun kota kreatif di Indonesia.

Melihat potensi dari arsitektur pada bidang industri kreatif yang terus menerus meningkat, Himpunan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMA FT – UH) menyelenggarakan Webinar Nasional Arsitektur dengan mengusung tema “Peran Arsitektur dalam Industri Kreatif.” Kegiatan ini dilaksanakan via zoom meeting, Sabtu (22/5).

Industri kreatif merupakan hasil dari perkembangan konsep perekonomian yang baru, yaitu ekonomi kreatif. Konsep ekonomi ini menekankan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor penggerak utama, dengan mengandalkan kreativitas dan ide atau gagasan dari manusia itu sendiri.

Arsitektur tidak hanya menjadi sub-sektor, namun mampu mendukung infrastruktur fisik bagi sub-sektor industri kreatif lainnya. Sektor arsitektur berkesinambungan dengan desain bangunan, konstruksi bangunan, pengawasan konstruksi, hingga konservasi pada beberapa bangunan warisan. Untuk itu, dibuat webinar dengan menghadirkan narasumber yaitu Jacob Garut Surajo selaku Co-Founder Mblock dan Achmad Tardiyana selaku Principal Architecht Urban Indonesia & Pengajar Prodi Arsitektur ITB).

Webinar Nasional Arsitektur ini merupakan wadah bertukar pikiran bagi mahasiswa, praktisi dan akademis tentang peran dan kontribusi arsitektur dalam perkembangan industri kreatif.

(ebsfmunhas/Ummul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *