Sumber:hardrockfm.com

Akademia Makassar—seorang miliarder Elon Musk mengumumkan telah berhasil menanam chip di otak manusia melalui perusahaan Neuroteknologi miliknya yang melakukan uji coba tersebut setelah mendapatkan izin dari Lembaga Pangan dan Obat-Obatan AS (FDA) tahun lalu. 

Setelah beberapa kali penolakan akhirnya Neuralink melakukan uji coba penanaman chip pada pasien atau manusia yang mengalami cedera tulang belakang leher atau ALS yang diarahkan untuk jadi partisipan selama 6 tahun. Kunjungan dilakukan di rumahnya dan klinik dilanjutkan dengan kunjungan lanjutan selama 5 tahun. 

Chip dipasang melalui pembelahan dibagian otak yang kemudian akan merekam dan mengirim sinyal otak ke aplikasi. Implan chip tersebut dipasang oleh robot. Tujuannya adalah mengontrol keinginan untuk bergerak serta memberi orang kemampuan untuk mengendalikan kursor komputer atau keyboard menggunakan pikiran mereka sendiri. 

Proyek penanaman chip ini dinamai ‘Telephaty’ dan chipnya dinamai ‘Brain-Computer Interface (BCI)”. 

Meskipun proyek ini dikatakan berhasil, tetapi perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut untuk keamanan manusia. Pengecekan ini dilakukan karna pada awal bulan Januari perusahaan ini didenda karena pelanggaran pemindahan bahan berbahaya oleh Departemen Transportasi AS (DOT).