Sumber:poskokkn111jeneponto

Akademia Makassar—Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc, bersama rombongan universitas mengunjungi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 111 di Lapangan Passamaturukang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, pada Minggu (28/1). Kunjungan ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses KKN yang berlangsung sejak 28 Desember 2023. Selain itu, acara tersebut juga melibatkan kegiatan donor darah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto dan Palang Merah Indonesia (PMI) Jeneponto.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Jamaluddin Jompa menekankan pentingnya peran masyarakat dan pemerintah daerah dalam mendukung kegiatan KKN. Kasubdit Pendidikan Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. Ir. Syarifuddin Mabe Parenreng, juga menegaskan bahwa program KKN akan terus berbenah mengikuti tuntutan pembelajaran yang terus berkembang.

Dalam acara tersebut, teknologi biosand filter water secara simbolis diserahkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) kepada pihak Pemda Jeneponto. Selain itu, produk-produk UMKM berbasis kearifan lokal juga diserahkan kepada pemerintah daerah, mencakup berbagai barang seperti minyak kuda, kopi, keripik talas, dan lain-lain, yang dikembangkan oleh peserta KKN bersama masyarakat Desa Bontolebang, Kassi, dan Samataring.

Kunjungan ini menegaskan komitmen Universitas Hasanuddin dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan inovasi lokal melalui program KKN, yang memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Jeneponto.