Akademia Makassar,

Sobat Budaya Unhas mengadakan webinar nasional yang bertemakan “Cinta dan Lestarikan Budaya Nusantara Lewat Tulisan dan Digitalisasi Di Tengah Pendemi.” Kegiatan dilaksanakan melalui Aplikasi Zoom Meeting dengan menghadirkan dua pemateri yaitu Muhammad Ridwan Alimuddin selaku Penggiat Literasi dan Nicky Ria Azizman selaku Ketua Umum Sobat Budaya, Minggu (14/02).

Muhammad Ridwan Alimuddin mengatakan budaya nusantara sudah patut dicintai oleh seluruh rakyat di Indonesia dengan tetap menjaga, melestarikan dan memperkenalkan budaya kepada generasi selanjutnya.

“Proses mencintai budaya sendiri sama halnya dengan kita melakukan hobi yang kita senangi, sehingga budaya daerah kita misalnya Mandar dapat tetap dilestarikan hingga saat ini dan budaya seperti kulit bawang, yang terdiri dari beberapa lapisan di budaya nusantara ini,” ujarnya.

Iwan juga menjelaskan bahwa buku-buku hasil karyanya dapat dijadikan sebagai informasi awal ketika seseorang akan melakukan penelitian mengenai budaya Mandar.

Untuk tetap melestarikan budaya nusantara perlu didorong dengan pembangunan sebuah museum budaya, sehingga generasi saat ini dapat melihat bentuk fisik dari budaya tersebut, seperti alat musik dan senjata tradisional daerah.

Disisi lain, Nicky Ria Azizman mengungkapkan bahwa budaya Indonesia sangat beragam dan unik, sehingga cara yang dapat dilakukan untuk tetap melestarikan setiap budaya adalah dengan mengetahui atau mengulik budaya tersebut agar tetap tren dan berkembang dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini berupa Perpustakaan Digital indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *